Menjaga Kesehatan Ibu Hamil - Herbalife Makanan Nutrisi Diet

18 Mei 2013

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Hamil merupakan proses alamiah dan dambaan setiap wanita. Dengan proses ini kelangsungan generasi manusia terjamin. Untuk mendapatkan keturunan yang berkualitas tinggi lahir dan batin, diperlukan beberapa tindakan persiapan yang dimulai dari orang tua terutama Sang Ibu. 


Hal-hal yang perlu diketahui ibu hamil terutama untuk memelihara kesehatannya selama hamil, nifas dan laktasi (masa menyusui) adalah sebagai berikut: 

1. Makanan (Diet)
wanita hamil harus betul-betul mendapatkan perhatian tentang susunan dietnya. Terutama mengenai jumlah kalori, protein yang berguna untuk kesehatan janin dan ibunya. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan anemia, abortus (keguguran), partus prematurus (persalinan kurang bulan), inertia uteri (rahim kelelahan), pendarahan pasca persalinan, infeksi peredaran darah pasca melahirkan, dan lain-lain. Sebaliknya makan berlebihan karena dianggap 2 orang (ibu dan janin) dapat mengakibatkan komplikasi seperti gemuk, janin besar, pre eklampsia, dan lain-lain.
Zat-zat yang diperlukan meliputi protein, karbohidrat, lemak, mineral atau bermacam-macam garam terutama kalsium, fosfor dan zat besi. Semua zat tersebut dapat diperoleh dari makanan yang kita makan sehari-hari dan makanan tambahan jika perlu.

2. Hindari Rokok dan Obat-obatan
Rokok sangat berbahaya bagi janin, efek bagi ibu hamil perokok adalah berat badan bayi lebih kecil saat lahir. Sedangkan obat-obatan sebisa mungkin dihindarkan terutama untuk triwulan 1 masa kehamilan. Bila ingin menggunakan obat-obatan pikirlah matang-matang apakah lebih banyak manfaatnya daripada kerugiannya, konsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

3. Gerak Badan
Ibu hamil tidak perlu takut melakukan gerak badan. Dianjurkan jalan-jalan di pagi hari yang cerah dalam udara yang segar. Gerak badan akan melancarkan sirkulasi darah, nafsu makan bertambah, pencernaan lebih baik dan tidurpun lebih nyenyak. Namun jangan terlalu lelah karena akan membahayakan janin dan ibu hamil.

4. Kesehatan Jiwa
Ketenangan jiwa penting dalam menjalani kehamilan dan menghadapi persalinan. Untuk itu dokter atau bidan harus dapat menanamkan kepercayaan diri pada ibu hamil dan menerangkan apa yang harus diketahui oleh ibu hamil terutama bagi ibu hamil untuk pertama kali. Sebab ketidaktahuan, rasa takut dan sebagainya dapat mengganggujalannya persalinan. Ibu akan menjadi lelah dan hilangnya kekuatan saat persalinan.

Demikian beberapa hal yang harus diketahui ibu hamil, semoga bermanfaat.