Diet Sehat dan Seimbang - Herbalife Makanan Nutrisi Diet

16 Agt 2013

Diet Sehat dan Seimbang

Diet sehat dengan makanan sehat dapat benar-benar mudah dijalankan dengan bantuan buku diet, televisi ataupun berbagai media seperti internet yang banyak memberikan tips untuk diet dengan mudah. Diet dengan makanan bertepung seperti kentang, nasi dan pasta, dengan banyak buah dan sayuran serta beberapa makanan kaya protein seperti daging, ikan dan kacang, susu dan produk susu, dan tidak terlalu banyak lemak, garam atau gula, akan memberikan semua nutrisi yang Anda butuhkan.

Ketika anda ingin menjalankan diet sehat, keseimbangan adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang anda harapkan. Ini berarti makan berbagai macam makanan dalam proporsi yang tepat, dan mengkonsumsi jumlah yang tepat dari makanan dan minuman untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Kebanyakan orang dewasa di Indonesia kelebihan berat badan atau obesitas. Itu berarti banyak dari kita yang makan lebih dari yang kita butuhkan, dan harus makan lebih sedikit dengan cukup gizi. Penyebabnya bukan hanya makanan, tetapivbeberapa minuman juga bisa tinggi kalori seperti soda misalnya. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sedikit kalori untuk makan dan minum dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, bahkan jika mereka sudah makan makanan diet seimbang.

Kelompok makanan dalam Piring Eatwell
Untuk membantu Anda mendapatkan keseimbangan yang tepat dari lima kelompok makanan utama, lihatlah piring Eatwell dibawah ini :


Untuk mempertahankan diet yang sehat, piring Eatwell menunjukkan berapa banyak dari apa yang Anda makan harus datang dari masing-masing kelompok makanan. Semua makanan yang kita makan dapat dibagi menjadi lima kelompok. Cobalah untuk memilih berbagai makanan yang berbeda dari empat kelompok pertama. Penjelasan Piring Eatwell (Eatwell Plate) yaitu :

  1. Buah dan sayuran.
  2. Makanan bertepung, seperti roti, nasi, kentang dan pasta. 
  3. Daging, ikan, telur dan kacang-kacangan.
  4. Susu dan produk susu.
  5. Makanan yang mengandung lemak dan gula.

Kebanyakan orang di Indonesia makan dan minum terlalu banyak kalori, dan terlalu banyak lemak, gula dan garam, dan tidak cukup buah, sayuran dan serat. Sedikit lemak sangat penting dalam diet, tetapi Anda tidak perlu makan apapun makanan dari jenis kelompok "Makanan dan minuman tinggi lemak dan atau gula" sebagai bagian dari diet yang sehat.

1. Buah dan sayuran
Buah dan sayuran merupakan sumber penting dari vitamin dan mineral. Piring Eatwell menyarankan bahwa kita dianjurkan makan lima porsi dari berbagai buah dan sayuran sehari. Survey membuktikan bahwa orang yang makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran sehari beresiko lebih rendah dari serangan penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker.

Makan lima porsi tidak sesulit kedengarannya. Saya contohkan hanya dengan satu apel, pisang, buah pir atau yang berukuran sama adalah satu bagian. Sepotong nanas atau melon adalah satu bagian. Tiga sendok penuh sayuran adalah bagian lain. Jadi itu sudah dianggap lima bagian.

2. Makanan bertepung
Makanan bertepung harus dipenuhi sekitar sepertiga dari segala sesuatu yang kita makan. Ini berarti kita harus mendasarkan pola makanan pada makanan ini.

Kentang merupakan pilihan yang sangat baik dari tepung makanan dan sumber serat yang baik. Biarkan kulit kentang tan dikupas yang berguna untuk menjaga lebih dari serat dan vitamin. Sebagai contoh, ketika memiliki kentang rebus atau kentang jaket, makan kulitnya juga.

Cobalah untuk memilih beras atau varietas gandum terbaik sebagai sumber makanan bertepung, seperti beras merah. Mereka mengandung lebih banyak serat, dan biasanya lebih banyak vitamin dan mineral dibandingkan varietas beras yang putih.

3. Daging, ikan, telur dan kacang-kacangan
Makanan ini adalah sumber protein yang baik, yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan tubuh. Mereka juga merupakan sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral.

Daging merupakan sumber protein yang baik, vitamin dan mineral seperti besi, seng dan vitamin B. Hal ini juga salah satu sumber utama vitamin B12. Cobalah untuk makan potongan daging dan unggas tanpa kulit bila anda ingin mengurangi lemak. Selalu memasak daging secara menyeluruh dan matang. Kurangi yang setengah matang seperti sate.

Ikan merupakan sumber penting protein, dan mengandung banyak vitamin dan mineral. Minyak ikan sangat kaya omega-3 asam lemak. Bertujuan untuk setidaknya dua porsi ikan dalam seminggu, termasuk satu porsi ikan berminyak. Anda dapat memilih dari ikan segar, beku atau kalengan.

Telur dan kacang-kacangan (termasuk kacang, kacang-kacangan dan biji-bijian) juga merupakan sumber protein yang bagus. Kacang-kacangan tinggi serat dan alternatif yang baik untuk camilan tinggi lemak jenuh, tetapi mereka masih mengandung lemak tingkat tinggi, jadi makanan jenis ini harus diolah dengan tepat.

4. Susu dan produk susu
Susu dan makanan dari susu seperti keju dan yogurt merupakan sumber protein yang baik. Mereka juga mengandung kalsium, yang membantu untuk menjaga tulang Anda sehat.

Untuk menikmati manfaat kesehatan dari susu tanpa makan terlalu banyak lemak, menggunakan susu semi-skim, susu skim atau 1% susu lemak, keju keras rendah lemak atau keju cottage, dan yoghurt rendah lemak.

5. Lemak dan gula
Kebanyakan orang di Indonesia makan terlalu banyak lemak dan terlalu banyak gula. Lemak dan gula, keduanya sumber energi bagi tubuh, tetapi ketika kita makan terlalu banyak dari jenis mereka, berarti kita mengkonsumsi lebih banyak energi daripada kita membakar energi. Ini dapat berarti bahwa kita menambah berat badan. Hal ini dapat menyebabkan obesitas, yang meningkatkan risiko diabetes tipe-2, kanker tertentu, penyakit jantung dan stroke.

Sebagian besar dari kita perlu mengurangi makanan dengan tambahan gula. Daripada minum soda, misalnya, cobalah air mineral. 


Untuk mengetahui jenis dan sumber alami lemak silahkan klik Di SINI

Reactions:

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan dan Bahasa Yang Baik
Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi Saya di
085777753402 atau 081225280532
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA