Tidak Semua Kolesterol Ganas - Herbalife Makanan Nutrisi Diet

2 Jun 2013

Tidak Semua Kolesterol Ganas


Kolesterol memang unik, sebab diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Bagaimanapun tetap dibutuhkan dalam kadar yang rendah (low cholesterol). Namun bisa juga disebut sebagai musuh jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi. Terdapat dua macam kolesterol yang ada di dalam tubuh yaitu kolesterol ganas dan kolesterol jinak. Yang saya bahas di sini adalah tentang kolesterol jinak.

Kolesterol jinak sangat bersahabat dengan tubuh manusia, jika dalam keadaan normal dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Harus kita ketahui bahwa tiga per empat (3/4) dari seluruh kolesterol yang ada adalah berjenis ganas. Kadarnya bisa dikurangi dengan mengurangi asupan lemak yang masuk bersama makanan. Dalam kimia disebur lemak jenuh.

Warna dari kolesterol adalah putih menyerupai zat lilin (waxy substance) yang diproduksi oleh hati dan merupakan bagian sel membran dan hormon tertentu. Kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol dengan kadar berkisar antara 300 sampai dengan 450 miligram setiap hari. Maka harus hati-hati mengkonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi seperti daging, keju, jeroan, otak serta lemak hewan. Secara alami kolesterol dibentuk dalam organ hati. Hati manusia memproduksi sekitar 1000 miligram kolesterol setiap harinya.

Fungsi kolesterol jinak di dalam tubuh manusia adalah untuk membantu fungsi jaringan otak dan sel-sel syaraf. Kolesterol juga punya andil dalam memproduksi hormon sex, selain acids dan vitamin D.

Jika ingin menurunkan kolesterol ganas dan menjadikannya kolesterol jinak, kita harus melakukan upaya dengan memperbanyak olahraga, menurunkan berat badan dan mengkonsumsi makanan berserat. Pesan untuk para perokok adalah berhentilah merokok karena hanya akan meningkatkan kadar kolesterol ganas dalam tubuh.

Bila kolesterol dalam darah anda rendah, anda boleh lega dengan kecilnya kemungkinan terkena penyakit jantung. Penelitian menunjukkan, pria muda usia dan pria paruh baya yang kolesterolnya di bawah 160 miligram resikonya sangat rendah untuk terkena penyakit jantung. 

Bagi pria yang berusia 25 sampai 55 tahun harus berhati-hati terhadap resiko terkena serangan jantung koroner, khususnya yang mempunyai kadar kolesterol di atas 240 miligram. Namun bukan berarti pria yang kolesterolnya rendah akan bebas dari penyakit jantung koroner. Karena selain kolesterol ada faktor pemicu yang lain yang dapat menyebabkan jantung koroner.

Mulai sekarang kontrol kadar kolesterol dalam tubuh anda mulai dengan pola makan sehat, berserat, gizi yang cukup serta perbanyak olahraga. Jangan anggap remeh, karena fakta dan data membuktikan bahwa kolesterol ganas adalah "pembunuh" nomor 1 di Amerika. Di Indonesia sendiri angka kematian yang disebabkan faktor kolesterol tinggi juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Jadi bersahabatlah dengan kolesterol jinak !!