Inilah Cara Menyusui Sambil Diet - Herbalife Makanan Nutrisi Diet

22 Jun 2013

Inilah Cara Menyusui Sambil Diet

Menyusui, secara fisik dan psikologis sangat penting bagi ibu dan bayi. Kaum ibu selalu ingin memberikan ASI exklusif pada buah hatinya. Seperti yang kita tahu kebanyakan kondisi badan ibu setelah melahirkan cenderung masih lemah, mengalami nifas selama kurang lebih 40 hari, badan menjadi melar, dan perut kendor. Di saat itu banyak para ibu yang ingin berat badannya kembali normal melalui diet atau apapun caranya agar berat badan kembali normal seperti sebelum hamil. 

Diet pasca melahirkan kadang kerap diabaikan karena fokus menyusui lebih penting karena apa yang kita makan juga akan terserap oleh bayi yang kita susui. Tubuh kita perlu asupan gizi dan kalori extra karena sedang menyusui. Jadi bagaimana melakukan diet ? Bagaimana agar ibu dan bayi tetap sehat?

Konsumsi Sayur dan Buah Secara Rutin
Mutlak diperlukan zat gizi yang baik untuk tumbuh kembang bayi dan menjaga kondisi ibu menyusui. Jadi penuhilah kebutuhan akan buah buahan dan sayuran dalam masa menyusui. Ingatlah bahwa buah dan sayuran mengandung banyak gizi, serat, rendah kalori serta bersifat mengenyangkan, Jadi anda tidak terlalu kuatir dengan jumlah kalori yang masuk dengan konsumsi buah dan sayuran.

Makanlah Makanan Padat Gizi Untuk Extra Kalori 
Menyusui membutuhkan kalori tambahan sekitar 400-500 kalori per hari. Pilihlah makanan yang padat gizi untuk memenuhi kebutuhan ekstra kalori. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi. Karena ibu menyusui wajib memenuhi kebutuhan nutrisi yang bisa didapat dengan mengonsumsi makanan yang  variatif dan padat gizi.

Cukup Minum Air Putih
Penting sekali bagi ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan cairan agar produksi ASI terpenuhi. Paling tidak dalam sehari harus minum air putih minimal 8 gelas sehari. Minumlah setiap kali merasa haus atau saat warna urine berubah menjadi kuning tua. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein, karena konsumsi minuman mengandung kafein selama menyusui bisa mempengaruhi pola tidur bayi. Apa yang kita minum maka bayi akan ikut minum lewat ASI. Manfaat sehat air putih dapat dilihat di sini.

Hindari Makanan Terlalu Banyak Lemak dan Terlalu Manis
Karena Jenis makanan ini tidak ada gunanya untuk ibu menyusui selama kebutuhan gizi, nutrisi dan kalori terpenuhi dengan makanan pengganti seperti susu, buah dan sayuran.

Lakukan Olahraga Ringan
Olahraga berguna untuk mengembalikan kekencangan dan elastisitas tubuh. Kebanyakan ibu setelah melahirkan akan cenderung kendur di bagian perut, pantat dan lengan. Lakukanlah selama tidak berlebihan dan tidak mengganggu jadwal menyusui si kecil. Anda bisa melakukan yoga atau goyang pinggul. Atau beberapa praktisi kesehatan menyarankan senam ringan untuk mengembalikan stamina.

Reactions:

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan dan Bahasa Yang Baik
Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi Saya di
085777753402 atau 081225280532
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA